Melakukan Tracking Dengan SMS dan Web Monitoring

Melakukan Tracking Dengan SMS dan Web Monitoring

Teknologi pemantauan objek melalui pencitraan satelit kini semakin beragam. Pada GPS Tracker berbasis teknologi GSM chip dan GPS chip dikenal 4 cara pelacakan/pemantauan objek yaitu :

  1. Pemantauan posisi menggunakan SMS terhadap posisi koordinat objek.
  2. Pemantauan posisi menggunakan SMS dan Web monitoring yang memanfaatkan cakupan posisi objek dari BTS (Stasiun Pemancar GSM Operator terdekat dari objek).
  3. Pemantauan posisi objek menggunakan fasilitas software berbasis website control panel.
  4. Pemantauan posisi objek menggunakan fasilitas software stand-alone yang sudah kompatible dengan perangkat GPS trackernya.

Masing-masing cara diatas memiliki keunikannya dan kegunaannya sendiri. Namun setidaknya saat ini yang banyak ditawarkan ke pengguna adalah berbasis SMS dan web monitoring. Khusus untuk pelacakan dengan web monitoring biasanya diperlukan berlangganan dengan abonemen/iuran bulanan dan tahunan, walau saat ini juga sudah tersedia beberapa layanan gratis untuk web monitoring seperti yang disediakan www.gps-trace.com namun dengan batasan pada jumlah perangkat untuk setiap usernamenya.

Pada bahasan ini kita akan membicarakan mengenai kegunaan dan keunggulan daripada cara pelacakan/pemantauan melalui SMS dan Web Monitoring. Kira-kira ini akan dapat memberikan gambaran bagi Anda dalam memilih mana yang sebenarnya dibutuhkan atau mungkin dalam meng-implementasikannya di perangkat Anda sendiri yang biasanya telah mencakup 2 cara pelacakan: baik melalui SMS maupun Web Monitoring.

Melakukan Monitoring Posisi Objek Menggunakan SMS

Dalam melakukan monitoring posisi objek menggunakan SMS, berbagai macam GPS tracker kini menawarkan beberapa tipe reply yang diberikan oleh perangkat ke HP si peminta lokasi, yaitu berupa nilai koordinat dari posisi objek yang diminta dan berupa link posisi objek di Google Map. Ada pula yang memberikan reply posisi dalam bentuk Alamat posisi kendaraan, yang mana biasanya ini diberikan untuk layanan gabungan dengan web monitoring – karena dibutuhkan pengambilan posisi alamat di sentra database daripada server web monitoring yang digunakan.

Pemantauan menggunakan SMS cukup diminati dan disenangi pengguna dikarenakan fleksibilitas ketika melakukan pemantauan yang tidak bergantung dimana kita dapat melakukan pemantauan dan juga tidak dibatasi akan kebutuhan perangkat laptop atau PC di dekat kita. Kapan pun dan dimanapun kita dapat langsung mendapatkan posisi objek yang kita mau hanya dengan cara mengirimkan SMS ke nomor selular dalam perangkat GPS tracker yang hendak kita monitor keberadaannya.

Yang dibutuhkan dalam kaitan pemantauan menggunakan SMS ini adalah jumlah pulsa yang memadai tersimpan di nomor selular dalam perangkat GPS tracker, mengingat sekali reply SMS dari perangkat GPS tracker biasanya rata-rata mulai Rp.150 hingga Rp.250 / sms. Namun sekarang juga sudah ada fasilitas SMS sepuasnya dari operator seharian penuh (beragam tiap layanan operator) yang memungkinkan dari perangkat dapat mengirim reply SMS dengan biaya yang lebih terjangkau.

Pemantauan dengan SMS memiliki kelemahan yaitu posisi objek baru bisa kita dapatkan ketika kita melakukan pengiriman request posisi terlebih dahulu (kecuali untuk automasi menggunakan SMS alarm dan pembatasan kawasan edar objek menggunakan geofence). Dalam kondisi kritis, pemantauan dengan SMS ini sulit mendapatkan posisi yang tepat karena keterbatasan kita sebagai pengirim SMS-nya (tidak bisa terus menerus mengirimkan SMS setiap detiknya ke perangkat).

Pemantauan menggunakan SMS lebih banyak berguna untuk monitoring posisi dalam keadaan tidak mengancam atau kondisi dimana objek (biasanya kendaraan) tidak dalam posisi kritis (mengalami kecurian atau perampasan oleh penjahat).

Monitoring Objek Menggunakan GPS Internet Web Monitoring

Pada dasarnya fungsi monitoring menggunakan platform internet web monitoring ini adalah lebih diperuntukkan untuk perusahaan ataupun organisasi yang membutuhkan laporan perjalanan dan nilai ekonomis suatu objek berkaitan dengan bahan bakar dan kecepatan layanan. Namun seiring perkembangan teknologi berbasis web dan juga biaya koneksi yang sudah semakin murah, kini banyak tersedia layanan web GPS monitoring terpisah ataupun bundled dari perangkat GPS tracker yang kita beli, baik itu bersifat berlangganan ataupun gratis selama waktu tertentu.

Web monitoring memberikan banyak kemudahan dari sisi pelacakan objek, mulai dari laporan perjalanan objek, pengaturan geofence, alarm posisi dan juga bahkan reminder. Ditambah yang utama adalah kita lebih mudah melihat suatu objek dalam suatu peta area yang terintegrasi di dalam fasilitas web monitoring tersebut.

Seiring juga perkembangan telepon genggam saat ini, web monitoring pun juga telah bisa dilakukan menggunakan ponsel yang terhubung ke internet seperti Blackberry, Windows Mobile, Android, symbian dan iPhone, walaupun interface yang ditampilkan tidak selengkap versi desktopnya. Namun hal ini cukup membantu pemonitor yang mobile dan sering bepergian. ( www.jasapelacak.co.id )

Apabila sebuah objek yang dipantau merupakan kendaraan bermotor, sudah barang tentu dalam kondisi kritis misalnya kasus pencurian mobil atau perampasan kendaraan, tidak ada yang lebih efektif untuk memonitor kendaraan selain menggunakan GPS web Monitoring. Mengapa? kecepatan perpindahan kendaraan bermotor dari satu point koordinat ke ponit koordinat yang lain kadang hanya membutuhkan beberapa menit saja dan jaraknya cukup jauh, sehingga monitoring menggunakan SMS akan sangat ketinggalan dalam melakukan tracking posisi aktual dari kendaraan tersebut. Belum lagi apabila kejadian perampasan atau pencurian juga melibatkan perangkat yang bisa menghambat atau menghalangi sinyal GPRS/GSM seperti Jammer yang kadang digunakan oleh si maling dalam aksi pencuriannya.

Penggunaan Jammer (penghalang sinyal GSM) juga berpengaruh pada kinerja pelaporan perangkat GPS tracker ke server ataupun SMS pengguna. Namun dengan melakukan monitor terus menerus apabila terjadi kondisi kritis tadi, besar kemungkinan masih bisa di dapat posisi pasti kendaraan apabila menggunakan fasilitas tracking dari web monitoring, apalagi ditambah setting interval pengiriman data yang semakin rapat misalnya per 20 detik atau 30 detik. Pancaran penghalang atau jammer tidak akan konstan sehingga masih tersedia celah data tangkapan server monitoring masih dapat menerima kiriman data dari perangkat GPS tracker walau dalam interval yang tidak menentu.

Ketergantungan web monitoring pada kebutuhan internet dan perangkat seperti laptop atau PC memang menjadi hambatan tersendiri. Namun dengan kemudahan internet mobile yang saat ini mulai bisa dibawa-bawa seperti pada laptop, tab dan smartphone menjadikan GPS web monitoring mudah untuk di akses.

Pilihan Ada Di Tangan Anda

Dengan meningkatnya kebutuhan akan pengawasan dan pemantauan yang akurat terhadap aset kantor dan pribadi, pemanfaatan GPS tracker semakin dirasa penting dimasa dimana kejahatan yang mengancam aset dan personal kita semakin tinggi. Efisiensi juga menjadi tujuan daripada pemanfaatan setiap teknologi bagi kehidupan manusia.

Kini menjadi pilihan bagi Anda untuk menggunakan GPS tracker yang dipadukan dengan penggunaan monitoring secara SMS ataupun web monitoring. Masing-masing memiliki keunggulan dan kemudahannya – namun jangan sampai apa yang telah kita keluarkan secara finansial tidak dapat berdaya guna dan efektif apalagi sama sekali tidak bermanfaat bagi Anda.

Pesan dari JASAPELACAK®